Cek Fakta Ahmad Lussy Nama Asli Kapitan Pattimura? Profil dan Biodata Thomas Matulesssy

Cek Fakta Ahmad Lussy Nama Asli Kapitan Pattimura? Profil dan Biodata Thomas Matulesssy

Cek Fakta Ahmad Lussy Nama Asli Kapitan Pattimura? Profil dan Biodata Thomas Matulesssy

Ceritahits.com - Cerita hits terbaru hari ini tentang nama asli Kapitan Pattimura, netizen bingung dan mencari nama asli Pahlawan Nasional Indonesia.

Nama Kapitan Pattimura saat ini tren di Google pencarian dan tetap terlihat Thomas Matulessy, bukan Ahmad Lussy.

Lalu siapakah nama asli Kapitan Pattimura? Berikut ini profil dan biodata Thomas Matulessy.

Foto Kapitan Pattimura tertera di lembaran uang kertas seribu rupiah yang ceritahits terbaru dapatkan hari ini Ahmad Lussy.

Ahmad Lussy menurut Ustadz Adi Hidayat merupakan nama asli dari Kapitan Pattimura, Pahlawan Nasional yang melawan pemberontakan Belanda. Kemudian pemimpin pondok pesantren di Maluku.

Benarkah Ahmad Lussy merupakan nama asli dari Kapitan Pattimura? Kemudian beragama Islam dan pemimpin Pondok Pesantren?

Profil dan Biodata Thomas Matulessy

Nama asli Kapitan Pattimura ialah Thomas Matulesssy, lahir di Pulau Sapura, Maluku pada tanggal 8 Juni 1783. Berdasar catatan sumber histosri J.B.J. Van Doren.

Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura saat remaja mendapat pelatihan militer ketika Inggris menguasai Maluku dari tangan Belanda.

Kapitan Pattimura terlahir dengan nama baptis Thomas Matulessy dari pasangan suami istri (Pasutri) bernama Frans Matulesia dan Fransina Tilohi yang menganut agama Katolik.

Istri dari Thomas Matulessy (Kapitan Pattimura) merupakan Pahlawan Nasional yang tertera fotonya pada uang pecahan seribu rupiah ialah Martha Christina Tiahahu lahir tahun 4 Januari 1800.

Thomas Matulessy mendapat julukan Kapitan Pattimura saat memimpin pemberontakan melawan Belanda, setelah Inggris dan Belanda meneken perjanjian 13 Agustus 1814, dimana Maluku kembali pada pelukan penjajahan Belanda.

Perlawanan Thomas Matulessy bersama rekan-rekan pejuang lainnya melawan Belanda pun pecah yang disebut Pemberontakan Ambon 1817.

Pemberotakan Ambon membuahkan hasil dari tangan kepemimpinan Kapitan Pattimura setelah menguasai Benteng Duurstede, rakyat Maluku terbebas dari Belanda walau hanya sebentar.

Sebab, pasca kemenangan pemberontakan Ambon di bawah kepemimpinan Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura ada seorang yang menghianati rakyat Maluku.

Ia bernama Pati Akoon, Raja Booi yang memberikan info kepada Belanda tentang strategi Kapitan Pattimura, hingga akhirnya Pattimura tertangkap lalu Belanda mengeksekusi Kapitan Pattimura bersama rekan-rekannya pada 16 Desember 1817 dengan menggantungnya di depan Benteng Nieuw Victoria.

Demikian info tentang nama asli Kapitan Pattimura setelah ceritahits melakukan cek fakta tentang profil dan biodata Thomas Matulessy, yang viral baru ini dengan sebutan Ahmad Lussy. [*]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Ceritahits.com di Google News.

Baca Juga

Inilah Bahan Alami Membantu Bersihkan Ginjal dan Racun Tubuh
Inilah Bahan Alami Membantu Bersihkan Ginjal dan Racun Tubuh
Serial superhero Amerika terbaru yakni The Boys merupakan serial film akan segera hadir pada season 4. Berikut ini trailer dan jadwal tayang hingga pemain.
The Boys Season 4 Trailer dan Jadwal Tayang Hingga Pemain
Telkomsel menggelar kembali Celeb on Cam. Kegiatan virtual yang juga ditayangkan secara langsung melalui channel Digionemaxstream.
Telkomsel Gelar Celeb on Cam Zara Leola dan Enda Ungu, Mulya Budiman: Cerita Inspiratif Bersama Guest Star
Artis Angel Lelga sedang menghadapi musibah, bahkan mantan tim kuasa hukumnya Deolipa Yumara menuding Angel mengkhianat Yesus. Hal itu terungkap lewat tangkapan layar percakapan pesan mobile keduanya.
Tuding Angel Lelga Khianati Yesus, Netizen: Allah Sedang Menaikan Derajat
Mantan jaksa agung tertangkap atas tindakan kejahatan terhadap siswa termasuk guru. Kasus Penculikan massal Iguala 2014 yang dialami 43 mahasiswa terungkap lagi
Penculikan Massal Iguala 2014 'Mirip' Kasus Brigadir J, Mantan Jaksa Ditangkap
Putri Ayu Ting Ting, Bilqis, tampaknya masih belum siap jika ibunya menikah lagi kecuali Suga atau Jin BTS.
Putri Ayu Ting Ting, Bilqis Setuju Miliki Ayah Kalau Orang Korea